Gizi merupakan faktor penting pembentukan sumberdaya manusia berkualitas. Permasalahan gizi di masyarakatberdampak pada penurunan kecerdasan, kesehatan, stamina dan produktivitas kerja yang pada gilirannya dapat menurunkan kualitas dan citra bangsa. Banyak faktor penyebab masalah gizi, karena itu diperlukan inovasi dan penanganan secara holistik.

Guna menghadapi tantangan pembangunan dan mengantisipasi dampak masalah pangan dan gizi terhadap kualitas sumberdaya manusia diperlukan tenaga yang berkompeten dalam mengatasi permasalahan pangan dan gizi dengan selalu berinovasi dan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak tahun 1992 di IPB telah dikembangkan program Doktor (S3) yaitu Program Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMK).

Seiring adanya perubahan internal di IPB tahun 2007, program tersebut disempurnakan menjadi Program Studi Mayor Ilmu Gizi Manusia kemudian pada tahun 2015 menjadi Program Studi Ilmu Gizi yang diampu Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB.