Lulusan

 

Lulusan Program Studi S1 Ilmu Gizi telah membentuk himpunan alumni yang dinamakan  Ikatan Alumni Gizi  IPB. Para alumni sesuai dengan kapasitas dan pekerjaannya  secara formal maupun informal berperan aktif dalam memberi dukungan baik akademik dan non akademik, dengan memberikan sumbangsih pemikiran, fasilitas, dana, dan  terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan PS S1 Gizi IPB antara lain :

  • Alumni berpartisipasi dalam memfasilitasi kegiatan akademik seperti :
  1. KKP (kuliah kerja profesi)
  2. Intership Dietetik (praktek kerja di rumah sakit). Alumni yang bekerja di RS memberikan akses dan membantu pelaksanaan kegiatan ID di RS.
  3. Asisten,Enumerator, Pengolahan Data Penelitian
  4. Pengabdian Masyarakat
  5. Asisten Matakuliah
  6. Perbaikan kurikulum dengan memberikan  sumbangsih pemikiran. Banyak alumni  yang telah menduduki posisi penting baik di pemerintahan, organisasi profesi (PERSAGI), maupun pihak swasta.
  7. Sumbangan Fasilitas

Sumbangan fasilitas diberikan dalam bentuk Buku Ajar dan selain itu atas peran alumni Program Studi S1 Ilmu Gizi IPB juga mendapat berbagai bantuan untuk perbaikan dan penambahan fasilitas baru yang diberikan oleh perusahaan maupun instansi tempat alumni bekerja.

  • Alumni juga berpartisipasi dalam kegiatan non akademik seperti:
  1. Promosi departemen dan pengembangan kerjasama. Mempromosikan departemen, Ke perusahaan Swasta, Pemerintahan, LSM, Lembaga Pendidikan.
  2. Program Studi S1 Ilmu Gizi  IPB juga berperan aktif dalam mengadakan kegiatan dalam bentuk seminar, lokakarya, pelatihan dan lain sebagainya. Acara tersebut selalu didukung oleh alumni yang membantu publikasi dan kepesertaan di instansinya masing-masing. Selain itu alumni sesuai dengan kompetensinya seringkali diundang untuk menjadi pemateri dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa.
  3. Pengembangan jaringan, alumni Program Studi S1 Ilmu Gizi IPB berperan aktif dalam membentuk jaringan yaitu berperan sebagai inisiator pembentuk Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Koordinator regional jawa barat merupakan S1 Gizi IPB
  4. Penggalangan dana,

Kegiatan yang diselenggarakan baik oleh Pengelola maupun mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Gizi mendapat dukungan dana dari alumni terutama dalam hal sebagai penghubung dan perantara untuk mendapat bantuan sponsorship maupun program CSR instansi dan perusahan terkait. Alumni sangat berperan sebagai contact person ke instansi tersebut .