Ketua Departemen        

Tugas Pokok Ketua Departemen adalah mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik di tingkat departemen baik untuk Program Pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) maupun Doktor (S3), dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian dalam rangka mencapai keunggulan akademik (academic excellence).  Fungsi Ketua Departemen adalah: (1) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh departemen; (2) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian sesuai dengan mandat departemen; dan (3) melaksanakan manajemen departemen yang meliputi pembinaan tenaga pendidik (dosen), kegiatan profesi mahasiswa, dan pelaksanaan kerjasama akademik dengan mitra kerja.  Selanjutnya Rincian Tugas Ketua Departemen adalah: (a) menyusun rencana dan program kerja departemen; (b) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh departemen yang meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; (c) mengevaluasi kegiatan akademik departemen (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat); (d) mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian sesuai dengan mandat departemen; (e) membina kegiatan dan organisasi profesi mahasiswa di departemen; (f) melaksanakan kerjasama akademik dengan mitra kerja; (g) mengarahkan Sekretaris Departemen dalam pelaksanaan manajemen departemen; (h) membina tenaga pendidik (dosen) di departemen; (i) menyusun rencana biaya operasional tahunan dan laporan kegiatan departemen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sekretaris I Departemen

Tugas Pokok Sekretaris Departemen adalah membantu Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik di tingkat departemen, pengembangan keilmuan bagian, dan melaksanakan manajemen departemen dalam rangka meningkatkan kinerja dan kelancaran pelaksanaan kegiatan departemen.  Fungsi Sekretaris Departemen adalah (1) membantu Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh departemen; (2) membantu Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian di lingkungan departemennya sesuai dengan mandat departemen; dan (3) melaksanakan manajemen departemen yang meliputi pembinaan tenaga kependidikan, administrasi departemen, dan penanganan kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan departemen.  Adapun Rincian Tugas Sekretaris Departemen adalah: (a) membantu atau mewakili Ketua Departemen dalam mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik departemen, pengembangan keilmuan bagian dan kegiatan kemahasiswaan, pelaksanaan kerjasama akademik dengan mitra kerja, dan pelaksanaan tugas manajemen lainnya yang menjadi tanggung jawab Ketua Departemen; (b) mengarahkan Kepala Tata Usaha Departemen dalam penataan dan pelaksanaan administrasi departemen; (c) membina tenaga kependidikan di departemen; dan (d) mengarahkan Kepala Tata Usaha Departemen dalam penanganan kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan departemen.

Komisi Pendidikan Program Sarjana :

Ketua

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Program Studi Multistrata pada Bidang Program Studi Sarjana Ilmu Gizi, mengkoordinasikan staf Tenaga Kependidikan Bagian Pelayanan Administrasi Akademik Program Sarjana untuk pelayanan kepada Sivitas Akademika dan Penugasan lain termasuk dari Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM)

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Ketua Komisi Pendidikan Program Sarjana Ketua Departemen Gizi Masyarakat dan perwakilan apabila Ketua Komisi berhalangan baik kehadiran pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Program Pascasarjana :

Koordinator Program S3

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Program Studi Multistrata pada Bidang Program Studi Doktoral Pascasarjana Ilmu Gizi, mengkoordinasikan staf Tenaga Kependidikan Bagian Pelayanan Administrasi Akademik Program Pascasarjana untuk pelayanan kepada Sivitas Akademika dan Penugasan lain termasuk dari Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM)

Koordinator Program S2

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Program Studi Multistrata pada Bidang Program Studi Magister Pascasarjana Ilmu Gizi, mengkoordinasikan staf Tenaga Kependidikan Bagian Pelayanan Administrasi Akademik Program Pascasarjana untuk pelayanan kepada Sivitas Akademika dan Penugasan lain termasuk dari Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM)

Laboratorium Fisik Terpadu :

Koordinator

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Koordinator untuk mengelola Laboratorium Fisik Terpadu di lingkungan Departemen Gizi Masyarakat, menandatangani semua formulir terkait POB Laboratorium Fisik Terpadu, Perencanaan dan Pengembangan Laboratorium, dsb.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Koordinator Laboratorium Fisik Terpadu Ketua Departemen Gizi Masyarakat dan perwakilan apabila Koordinator berhalangan baik kehadiran pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Penyelia                                                                             

Membantu Tugas Koordinator Laboratorium Fisik Terpadu Ketua Departemen Gizi Masyarakat dengan kekhususan merencanakan dan mengembangkan Laboratorium Fisik Terpadu serta penyelia dari staf Laboratorium Fisik Terpadu Departemen Gizi Masyarakat.

Divisi Gizi Dasar :            

Kepala

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Koordinator Dosen pada Divisi Keilmuan Gizi Dasar baik perencanaan maupun pengembangan kelilmuan serta membantu pula Ketua Gugus Kendali Mutu dalam menerapkan POB terkait pendidikan dan pengajaran pada Departemen Gizi Masyarakat.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Kepala Divisi Gizi Dasar dan perwakilan apabila Kepala Divisi berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Divisi Gizi Terapan :

Kepala

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Koordinator Dosen pada Divisi Keilmuan Gizi Terapan baik perencanaan maupun pengembangan kelilmuan serta membantu pula Ketua Gugus Kendali Mutu dalam menerapkan POB terkait pendidikan dan pengajaran pada Departemen Gizi Masyarakat.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Kepala Divisi Gizi Terapan dan perwakilan apabila Kepala Divisi berhalangan hadirpada pertemuan dan/atau tandatangan.

Divisi Manajemen Makanan dan Kesehatan Lingkungan :

Kepala

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Koordinator Dosen pada Divisi Keilmuan Manajemen Makanan dan Kesehatan Lingkungan baik perencanaan maupun pengembangan kelilmuan, serta membantu pula Ketua Gugus Kendali Mutu dalam menerapkan POB terkait pendidikan dan pengajaran pada Departemen Gizi Masyarakat.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Kepala Divisi Manajemen Makanan dan Kesehatan Lingkungan dan perwakilan apabila Kepala Divisi berhalangan hadirpada pertemuan dan/atau tandatangan.

Divisi Kebijakan Pangan dan Gizi :

Kepala

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Koordinator Dosen pada Divisi Keilmuan Kebijakan Pangan dan Gizi baik perencanaan maupun pengembangan kelilmuan, serta membantu pula Ketua Gugus Kendali Mutu dalam menerapkan POB terkait pendidikan dan pengajaran pada Departemen Gizi Masyarakat.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Kepala Divisi Kebijakan Pangan dan Gizi dan perwakilan apabila Kepala Divisi berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Komisi Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni :

Ketua

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Komisi Kehamasiswaan dan Hubungan Alumni, sebagai Koordinator Kegiatan Kemahasiswaan Departemen Gizi Masyarakat, termasuk Himpro Himagizi, pengelolaan data alumni dan tracer study.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Ketua Komisi Kehamasiswaan dan Hubungan Alumni dan perwakilan apabila Ketua Komisi Kehamasiswaan dan Hubungan Alumni berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Komisi Penelitian dan Peningkatan Publikasi :

Ketua

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Komisi Penelitian dan Peningkatan Publikasi dengan membuat database penelitian dan berusaha meningkatkan publikasi dari hasil-hasil penelitian sivitas akademika Departemen Gizi Masyarakat agar pula mudah terindeks scopus dan seach engine publikasi lainnya, serta merencanakan dan mengembangkan roadmap penelitian Departemen Gizi Masyarakat.

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Ketua Komisi Penelitian dan Peningkatan Publikasi dan perwakilan apabila Ketua Komisi berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Komisi Pengabdian Pada Masyarakat :

Ketua

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Komisi Pengabdian pada Masyarakat. Koordinator dengan membuat database kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Departemen Gizi Masyarakat serta merencanakan dan mengembangkan konsep-konsep Pengabdian pada Masyarakat selanjutnya

Sekretaris

Membantu Tugas keseharian Ketua Komisi Pengabdian pada Masyarakat dan perwakilan apabila Ketua Komisi berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Komisi Promosi dan Kerjasama :

Ketua

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Komisi Promosi dan Kerjasama untuk mempromosikan Program Studi Multistrata dan perencanaan, mengadakan dan mengembangkan program Kerjasama dengan instansi baik dengan pemerintah dan NGO, dalam dan luar negeri.

Sekretaris                                                                           .

Membantu Tugas keseharian Ketua Komisi Promosi dan Kerjasama dan perwakilan apabila Ketua Komisi berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

Komisi Pengelolaan Penyelenggaraan Makanan :

Ketua                                                                   

Membantu Ketua Departemen Gizi Masyarakat sebagai Ketua Pengembangan Laboratorium Kantin Gizi, baik sebagai Laboratorium terkait praktikum wajib Mahasiswa juga pengembangan konsep Laboratorium yang sehat, higienis, modern dan selalu updating perkembangan Manajemen Kantin Gizi agar pula ke depannya menjadi percontohan Kantin Sehat di lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Sekretaris                                                                          

Membantu Tugas keseharian Ketua Pengembangan Laboratorium Kantin Gizi dan perwakilan apabila Ketua Komisi berhalangan hadir pada pertemuan dan/atau tandatangan.

 

Kepala Tata Usaha

Tugas pokok kepala tata usaha adalah menata dan melaksanakan administrasi akademik, dan non akademik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas departemen. Sedangkan fungsi kepala tata usaha yaitu (1) melaksanakan administrasi dalam bidang akademik dan kemahasiswaan sesuai dengan program dan kegiatan dari masing-masing departemen dan arahan pimpinan departemen; (2) melaksanakan pelayanan administrasi non akademik sesuai dengan kewenangan departemen berdasarkan ketentuan yang berlaku; (3) menata dan mengembangkan administrasi akademik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan peningkatan kinerja departemen; (4) membina tenaga kependidikan di lingkungan departemen sesuai dengan arahan pimpinan departemen; (5) menyelesaikan masalah administrasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas departemen.

Pengelola Keuangan Unit

Tugas pokok pengelola keuangan unit adalah pengendalian anggaran, pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran, penyusunan laporan keuangan dan laporan biaya, pengembangan sistem pelaporan keuangan dan biaya serta analisis laporan keuangan. Sedangkan fungsi pengelola keuangan unit yaitu (1) pengendalian anggaran meliputi pengalokasian dana dan pelaksanaan verifikasi usulan permintaan pembayaran; (2) pelaksaanaan verifikasi pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran; (3) penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan (SAP) dan standar akuntansi keuangan (SAK); (4) penyusunan laporan biaya dan standar biaya masukan sesuai sistem akuntansi biaya, pengembangan sistem akuntansi dan manajemen keuangan dan sistem akuntansi dan manajemen biaya sesuai dengan perkembangan; (5) pelaksanaan analisis laporan keuangan dan laporan biaya.

Gugus Kendali Mutu

Tugas GKM adalah a) Melakukan monitoring terhadap pelaksanaan seluruh kegiatan akademik dan non akademik sesuai dengan prosedur, ketentuan, perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, b) Melakukan monitoring pelaksanaan seluruh kegiatan akademik dan non akademik agar dapat memenuhi standar mutu dan sasaran mutu yang telah ditetapkan, c) Melakukan evaluasi bersama Ketua Departemen, Kepala Pusat, Direktur/Kepala Unit lainnya untuk tindakan korektif yang lebih dini terhadap pelaksanaan seluruh aktivitas penyelenggaraan akademik dan non-akademik di lingkup kerjanya, d) Pengkoordinasian pembuatan laporan evaluasi diri mengikuti standar-standar dan parameter yang telah ditentukan.