Seleksi Mahasiswa Berprestasi IPB

Dalam rangka mencari mahasiswa berprestasi, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat IPB. Sebanyak lima mahasiswa dari Program Diploma dan sembilan mahasiswa dari Program Sarjana diseleksi untuk nantinya mewakili IPB dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional.
Di sela-sela seleksi wawancara dan presentasi yang dilaksanakan, Kamis (2/4), Direktur Kemahasiswaan Dr. Rinekso menjelaskan bahwa telah dilakukan serangkaian seleksi mulai dari Departemen dan Program Keahlian. Setiap Departemen mengirimkan delegasi untuk kemudian disaring pada tingkat Fakultas. Seleksi berlanjut pada masing-masing Fakultas untuk mendapatkan satu wakil mahasiswa yang akan diseleksi pada tingkat IPB nantinya.
Sebelum mengikuti tahapan seleksi dan presentasi, setiap mahasiswa perwakilan Fakultas harus menjalani karantina selama tiga hari untuk mendapatkan bimbingan tentang mahasiswa berprestasi. Menurut Dr. Rinekso, prestasi tidak hanya tentang prestasi akademik. “Karena yang dilihat di sini, bukan hanya prestasi akademik, justru yang penting nilainya adalah prestasi dalam bidang ekstrakurikuler, seperti memenangkan lomba internasional,” imbuhnya.
Selain itu, hal yang juga penting adalah kemampuan komunikasi dan evaluasi psikologi. Mahasiswa berprestasi dituntut untuk dapat mentransfer pengetahuannya kepada orang lain yang mungkin tidak satu disiplin ilmu dengannya. Terkait psikologi, Dr. Rinekso menjelaskan bahwa karakter menjadi pertimbangan dalam penilaian seleksi mahasiswa berprestasi.  “Terkadang mahasiswa yang memiliki karya tulis dan kemampuan bahasa Inggris yang bagus, bisa jadi dikalahkan oleh yang nilainya sedikit lebih rendah tetapi memiliki karakter diri yang bagus. Karena hakikat prestasi adalah akumulasi dari nilai-nilai akademik dan non akademik yang menjadi satu kesatuan yang utuh,” tandasnya.
Tahun ini seleksi mahasiswa berprestasi nasional mengambil tema “Kepribadian dan Kemandirian Bangsa”. Dikatakan Dr Rinekso, dalam sepak terjang seleksi mahasiswa berprestasi nasional, IPB memiliki track record yang sangat baik, mengingat mahasiswa IPB kerap terpilih menjadi juara 1 mahasiswa berprestasi nasional. (AS)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*