Ribuan Mahasiswa IPB Ikuti Program Bina Cinta Lingkungan

Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan bakti sosial berupa Bina Cinta Lingkungan (BCL) yang dilakukan di 17 desa dan kelurahan lingkar kampus. Pelepasan relawan BCL dipimpin langsung oleh Rektor IPB, Prof.Dr Herry Suhardiyanto di lapangan Gymnasium Kampus IPB Dramaga Bogor, Minggu (19/4). Tahun ini, BCL diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat persiapan bersama (TPB) IPB yang berjumlah sekitar 3.500 orang.
Ketua pelaksana BCL 2015, Dr. I Wayan Astika dalam laporannya menyampaikan bahwa BCL diwajibkan kepada mahasiswa TPB, mengingat pentingnya esensi dan tingginya antusiasme mahasiswa IPB pada kegiatan sosial seperti ini. “Dengan kegiatan ini, semoga mahasiswa dapat belajar untuk dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, belajar mendengar dan berempati kepada masyarakat,” ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan relawan BCL secara resmi oleh Rektor. Dalam kesempatan ini Rektor menyampaikan peran penting mahasiswa sebagai penerus bangsa. “Untuk itu sangat penting menumbuhkan rasa cinta dan peduli pada lingkungan sekitar. Kegiatan semacam ini akan memberikan pengalaman yang nantinya dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk berkiprah setelah lulus nanti. Para relawan BCL diharapkan menjadi pribadi yang cinta lingkungan, karena peka terhadap keadaan sekitar menjadi kunci keberhasilan di masyarakat,” harap rektor.
Kegiatan BCL yang diikuti seluruh mahasiswa TPB ini dibagi menjadi dua tahap pelaksanaan, yakni tanggal 19 April dan 26 April 2015. Kegiatan para relawan BCL di tengah masyarakat ini diantaranya membersihkan fasilitas umum di setiap desa lingkar kampus. Dalam pelaksanaannya mahasiswa TPB  dipandu oleh 41 dosen pembimbing, Senior Residence (SR) Asrama TPB, serta peserta IPB Goes To Field (IGTF). Adapun 17 desa dan kelurahan lingkar kampus tersebut adalah Kelurahan Balumbang Jaya, Situ Gede, dan Margajaya di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Selanjutnya Desa Babakan, Cikarawang, Dramaga, Ciherang, Sinarsari, Neglasari, Petir, Purwasari, Sukawening, dan Sukadamai di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Empat desa lainnya adalah Desa Cihideung Ilir, Cihideung Udik, Benteng dan Cibanteng di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. (AS)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*