Prof. M Rizal Martua Damanik, Guru Besar Ilmu Gizi Departemen Gizi Masyarakat IPB mendapatkan penghargaan yang luar biasa atas ilmu dan hasil penelitiannya sehingga diundang oleh Prof. Morita, Vice Director Institute of Herbal Medicine, Toyama University, Jepang, untuk berbagi ilmunya pada tanggal 4 September 2015, mengenai “Torbangun (Coleus ambonicus Lour): an Indonesian Traditional Cuisine Perceived as Galactogogue”.

Prof Rizal Damanik telah lama mendedikasikan hidupnya untuk meneliti dan mengangkat daun Torbangun dalam keterkaitannya dengan peningkatan produksi ASI demi kualitas generasi berikutnya yang lebih baik. Daun Torbangun merupakan sebuah kearifan lokal asli Batak-Indonesia yang telah terbukti dapat berperan sebagai galactogogue untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Prof Rizal percaya Indonesia sangat kaya akan potensi lokal yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Dalam kunjungan Prof Rizal ke Jepang pada bulan September ini juga dalam rangka pemantapan rencana riset kolaborasi mengenai Tobangun dengan National Food Research Institute di Tsukuba, Jepang. Pantas bila Prof Rizal yang terkenal dengan berbagai prestasinya yang luar biasa patut dijadikan teladan bagi para peneliti muda dan generasi selanjutnya. Mari bersama kita bangun negeri ini (Eny Palupi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • *