Prof Dr. Clara M. Kusharto MSc. berhasil meraih

SILVER MEDALLION

Prof Dr. Clara M. Kusharto MSc. dan Mia Srimiati SGz., MSi. (kandidat doktor Prodi Gizi SPS-IPB) berhasil meraih SILVER MEDALLION for Higher Education Professional Catagory pada ajang kompetitif InIIC (International Invention & Innovative Competition) series 2/ 2019 . Venue: Palace of The Golden Horses, Selangor, Malaysia, tanggal 2 November 2019.
Anggota tim yang berpartisipasi aktif dalam inovasi produk ini adalah dr. Mira Dewi, PhD (Staf Gizi Masyarakat, FEMA- IPB), Utari Yunitaningrum SGz. dan NA Shofiyyatunnisaak SGz. (Mahasiswa Magister Gizi, SPS- IPB) dan Sari Winarti (Mahasiswa S1 Gizi, Dept. Gizi Masyarakat FEMA-IPB).

Produk inovasi yang diunggulkan berbasis Clarias gariepinus dan Moringa oleifera leaf flour yang diproses menjadi High Protein Liquid Food Formula untuk pasien luka bakar yang mengalami “hypercatabolism” yang memerlukan zat gizi yang tinggi terutama energi dan protein yang diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan jaringan baru dan menggantikan zat gizi yang hilang akibat hypercatabolism” yg dialami penderita luka bakar. Selain itu, Moringa leaf flour juga merupakan bahan pangan yang tinggi antioksidan dan mineral, yang sangat dibutuhkan oleh pasien luka bakar untuk membantu proses penyembuhan luka.

Inovasi ini telah didaftarkan dg no. paten PQ 0201709742 tanggal 28/12/2017.

Acara diselenggarakan oleh MNNF Network dengan jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 248 tim yang berasal dari berbagai negara.