Pendahuluan

Dietisien adalah seorang lulusan sarjana gizi (S1/D4) yang telah mengikuti pendidikan profesi dietisien (Dietetic Internship) dan lulus uji kompetensi. Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, dietisien mempunyai kewenangan pada Level 7 yang kewenangannya diatur dalam Permenkes No. 26 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktik Tenaga Gizi.

Departemen Gizi Masyarakat sebagai salah satu departemen di Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB), merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi gizi pionir pendidikan sarjana dan pascasarjana gizi di Indonesia. Persatuan Ahli Gizi (Persagi) secara tertulis mengamanatkan kepada 12 jurusan/departemen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang dianggap mampu menyelenggarakan pendidikan profesi dietisien, termasuk Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB (Nomor 1908/DPP-PERSAGI/SEK/VII/2017 dan nomor 1790/DPP-PERSAGI/SEK/V/2017).

Hasil kajian Kemenkes 2015 menunjukkan bahwa kebutuhan tenaga dietisien dalam 20 tahun mendatang di Indonesia adalah 36.391 dietisien, sementara jumlah yang tersedia saat ini sangat terbatas yaitu 746 dietisien. Selain itu, kehadiran dietisien dari mancanegarapun perlu diantisipasi. Terkait kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), lulusan dietisien dari luar negeri terutama dari Asia dan Australia mudah masuk bekerja di Indonesia sejak tahun 2016. Dietisien Indonesia harus siap berkompetisi baik di negara sendiri maupun di luar negeri dengan dietisien mancanegara.

Berdasarkan hal tersebut, Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB akan mulai menyelenggarakan Program Profesi Dietisien pada tahun ajaran 2019/2020 dengan harapan dapat menyediakan tenaga profesi yang handal untuk mendukung pelayanan gizi di masyarakat, rumah sakit, sekolah, industri pangan dan kebijakan pemerintah.

 

Visi

Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul di Indonesia dalam bidang biosains tropika untuk memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan profesi dietisien yang dicapai pada tahun 2024.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi profesi dietisien yang berkualitas
  2. Mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni melalui penelitian dietetik terkini
  3. Menerapkan asuhan gizi terstandar dan mutakhir dalam bidang gizi klinis, gizi masyarakat, dan manajemen penyelenggaraan makanan