Pelatihan HAZARD ANALYSIS & CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) 2018

Divisi Keprofesian HIMAGIZI telah melaksanakan program kerja yang ketiga yaitu, pelatihan Hazard Analysis & Critical Control Point (HACCP) 2018. Kegiatan tersebut berlangsung dalam tiga hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 28,29, dan 30 Agustus 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di RK. IKK 1.1, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor dengan jumlah peserta yang hadir secara keseluruhan sejumlah 51 orang. Peserta yang hadir berasal dari berbagai instansi seperti institusi kesehatan (RS Haji Jakarta, RS Vania Bogor, RS Siloam, RS Santo Borromeus Bandung, Puskesmas Kotabumi, RS Kanker Dharmais, dan Puskemas Sungai Bahari), industri makanan (PT. Aerofood CS, PT. Briscor Horizon, dan PT. Golden Kreasi Inova), serta institusi pedidikan (IPB, UHAMKA, UNDIP, UPNVJ, STIKES Mitra Keluarga, UMS, dan Universitas Esa Unggul). Pemateri tunggal pada kegiatan HACCP ini adalah salah satu guru besar Departemen Gizi Masyarakat yaitu Prof. Dr . Ahmad Sulaeman, S.TP, M.Si. Selama tiga hari bertutur-turut, pemateri menyampaikan sebanyak 10 materi dengan diakhiri dengan sesi tanya jawab pada setiap materi.

Kegiatan pada hari pertama dimulai pada pukul 11.00 WIB yang diawali dengan pemberian handout pada peserta. Terdapat 3 materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu Pengantar Sistem Manajemen Keamanan Pangan (ISO 22000:2005), Pengenalan Dasar HACCP, dan Program Prasyarat HACCP. Pada hari kedua, kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB untuk melanjutkan materi yang selanjutnya. Materi yang disampaikan kepada peserta pada hari kedua yaitu Pengenalan Bahaya Keamanan Pangan, Persiapan Penyusunan HACCP Plan, Penyusunan HACCP Plan Langkah 2-5, Penyusunan HACCP Plan Langkah 6: Melakukan Analisis Bahaya, dan Penyusunan HACCP Plan Langkah 7-8. Selanjutnya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kegiatan pembuatan HACCP Plan sesuai dengan langkah-langkah yang telah disampaikan pemateri. Peserta berdiskusi untuk memilih suatu produk dan menetapkan HACCP Plan yang semestinya.

Pada hari ketiga, peserta mendapatkan materi Penyusunan HACCP Plan Langkah 9-12 dan Pendekatan Proses dalam Penerapan HACCP pada Industri Horeca. Kegiatan tersebut dipantau secara langsung oleh pemateri sehingga peserta dapat lebih memahami praktik penyusunan HACCP bagi suatu produk. Hasil diskusi HACCP Plan tersebut kemudian dipresentasikan oleh perwakilan kelompok di depan seluruh peserta. Setelah sesi presentasi selesai, peserta diberikan ujian HACCP untuk mengetahui parameter keberhasilan pelatihan terhadap pengetahuan peserta. Peserta yang menghadiri seluruh rangkaian acara pelatihan dan memenuhi syarat lulus ujian HACCP akan mendapatkan sertifikat kelulusan HACCP yang berlaku selama seumur hidup. Kegiatan pelatihan HACCP di hari terakhir dikhiri dengan foto bersama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*