Nutrition Fair 2014

Indonesia sebagai negara berkembang masih menghadapi berbagai masalah gizi dan kesehatan. Berkaitan dengan masalah gizi, saat ini Indonesia sedang mengalami permasalahan gizi ganda. Prevalensi gizi kurang pada anak balita tidak mengalami perbaikan. Prevalensi gizi kurang pada anak balita pada tahun 2007 sebesar 18.4% dan pada tahun 2013 sebesar 19.6%. Defisiensi gizi mikro juga bermasalah di Indonesia, misalnya prevalensi anemia pada anak balita, anak sekolah dan remaja, dan ibu hamil berturut-turut sebesar 28.1%, 26.4%, dan 27.15% (Riskesdas 2013). Selain itu, berbagai survei menunjukkan asupan vitamin A, seng, asam folat, dan lain-lain masih bermasalah. Ini semua menunjukkan asupan gizi makro dan mikro masih bermasalah. Permasalahan gizi tersebut bila diabaikan akan meningkatkan resiko kesakitan dan kematian terutama pada ibu hamil, ibu menyusui dan anak. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dibangun kesadaran dan perilaku makan setiap individu agar dapat memenuhi asupan gizi makro dan mikro setiap hari. Hal ini dilakukan agar nantinya pengetahuan masyarakat dan perilaku makan setiap penduduk sejalan dengan upaya menuju Indonesia sehat berkelanjutan. Dengan demikian, perlu dilakukan berbagai hal untuk menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya memenuhi dan memperbaiki asupan zat gizi makro dan mikro setiap hari.

         Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (HIMAGIZI) IPB setiap tahun menyelenggarakan Nutrition Fair sejak tahun 2012. Nutrition Fair diselenggarakan sebagai ajang atau wahana serangkaian kegiatan gizi ilmiah dan populer dalam rangka meningkatkan kesadaran gizi ribuan akademisi dan masyarakat. Nutrition Fair yang telah diselenggarakan semenjak tahun 2012 sampai tahun 2013 telah melibatkan sebanyak lebih dari 1500 peserta dalam semua kegiatan per-tahunnya. Kegiatan yang telah diselenggarakan yaitu berupa seminar nasional, aerobik bersama dan berbagai lomba terkait gizi. Pada tahun ini, HIMAGIZI IPB bekerjasama dengan PERGIZI-PANGAN Indonesia menyelenggarakan Nutrition Fair 2014 dengan tema “Pemenuhan Gizi Harian Berkelanjutan sebagai Upaya Preventif Masalah Gizi menuju Indonesia Sehat”.

TUJUAN KEGIATAN

Secara umum tujuan Nutrition Fair 2014 adalah meningkatkan kesadaran gizi untuk pemenuhan gizi harian secara berkelanjutan. Tujuan khususnya adalah sebagai berikut:

  1. Memaparkan dan mendiskusikan permasalahan, kebijakan, dan program perbaikan gizi terkini dalam perbaikan gizi Indonesia;
  2. Menyosialisasikan pentingnya pemenuhan asupan zat gizi, baik makro maupun mikro dalam upaya perbaikan gizi Indonesia dengan pendekatan gizi seimbang;
  3. Memperkenalkan inovasi produk pangan dan gizi untuk optimalisasi pemenuhan gizi;
  4. Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam upaya mencari solusi permasalahan gizi bangsa;
  5. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengaturan diet dan aktivitas fisik dalam mengatasi permasalahan gizi lebih.

sumber : HIMAGIZI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • *