Mahasiswa Pascasarjana IPB Gelar Indonesia Postgraduate Student Conference

Forum Mahasiswa Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (Forum Wacana IPB) menyelenggarakan Indonesia Postgraduate Student Conference (IPSC) dengan tema “Menakar Kepemimpinan untuk Kesejahteraan Indonesia” di Balai Kota Bogor, Minggu (12/4). Konferensi mahasiswa ini digagas untuk menampung aspirasi dan kontribusi mahasiswa se-Indonesia dalam membuat kerangka solusi dari berbagai problematika bangsa dengan daya nalar, kritis, dan positif bagi Indonesia.
Acara yang dihadiri oleh sekitar 127 peserta yang merupakan mahasiswa pascasarjana dari berbagai daerah seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Djuanda (Unida), dan lain-lain ini dilangsungkan selama satu hari penuh yakni mulai pukul 08.00 sampai pukul 21.00 WIB. Acara dibuka oleh Ketua Panitia IPSC Mujiburrahman, SE ini akan menghasilkan draft yang nantinya disampaikan kepada para eksekutif dan legislatif, utamanya tokoh-tokoh pembuatan kebijakan agar kebijakan tersebut mengarah pada kesejahteraan bangsa, ujarnya.
Ketua Forum Wacana IPB Luthfi Nur’azkiya, SP menyampaikan bahwa draft hasil konferensi berupa naskah akademik yang berisi output-output keilmuan akan digunakan untuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh para mahasiswa.
Sementara itu, Dekan Sekolah Pascasarjana IPB Dr Dahrul Syah menyampaikan bahwa banyak hal yang bisa diwujudkan melalui langkah ini, “Pola seperti ini diharapkan dapat melahirkan pejabat-pejabat terbaik yang memiliki cara berpikir jangka panjang mengenai next generation. Artinya yang akan lahir nanti adalah para negarawan, bukan politisi yang hanya memikirkan next election,” ujar Dr. Dahrul Syah dalam sambutannya.
Konferensi ini menghadirkan Prof.Dr Jimly Asshiddiqie sebagai keynote speaker, selain itu hadir pula para penyaji materi yang membahas berbagai topik terhangat di negeri ini baik di bidang pertanian, ekonomi, hukum dan politik, kemaritiman, energi dan mineral, hingga pendidikan. Untuk topik pertanian, acara ini mengundang Dr Anton Apriyantono, Dr.drh. Hasim Danuri, DEA, dan Dr Rachmat Pambudy. Topik ekonomi mengundang Dr. Ichsanuddin Noorsy sebagai penyaji. Untuk topik hukum dan politik, mengundang Prof.Dr Jimly Asshiddiqi dan Prof.Dr. R. Siti Zuhro. Selanjutnya Prof.Dr Indra Jaya dan Dr. Y. Paonganan untuk topik kemaritiman, Prof.Dr Mukhtasir sebagai penyaji topik energi dan mineral, serta Prof.Dr Didi Suryadi untuk topik pendidikan.(nra)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*