Kunjungan Kerja ke Universiti Putra Malaysia dan Univesiti Malaysia Terengganu

Pada tanggal 29-30 Oktober 2018 lalu, Ketua Departemen Gizi Masyarakat (Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MS), Sekretaris Departemen Gizi Masyarakat (Reisi Nurdiani, SP, MSi), Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi (Dr. Rimbawan), dan Ketua Komisi Pendidikan Departemen Gizi Masyarakat (dr. Karina R. Ekawidyani, M.Gizi) bersama dengan Dekan FEMA IPB (Prof. Ujang Sumarwan) melakukan kunjungan kerja ke Malaysia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan Universiti Putra Malaysia (UPM) dan Universiti Malaysia Terengganu (UMT).

Hari pertama kunjungan (Senin, 29 Oktober 2018), rombongan mendatangi Department of Nutrition and Health Sciences, Faculty of Medicine and Health Sciences, Universiti Putra Malaysia. Rombongan diterima oleh Ketua Department of Nutrition and Dietetics (Dr. Azrina Azlan) dan dosen-dosen Department of Nutrition and Dietetics. Pertemuan dibuka dengan perkenalan semua dosen yang hadir, baik dari UPM maupun IPB. Selanjutnya Dr. Azrina Azlan mempresentasikan tentang Department of Nutrition and Dietetics. Setelah itu, Prof. Ujang Sumarwan menayangkan video tentang FEMA  dan  Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MS mempresentasikan tentang Departemen Gizi Masyarakat. Setelah perkenalan dari kedua departemen selesai, dibuka sesi diskusi mengenai bentuk kerjasama yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak. Bentuk kerjasama yang diajukan antara lain summer course, guest lecture, joint research, praktek lapang (KKNT), penguji luar pada ujian pascasarjana, dan komisi pembimbing pascasarjana. Pihak UPM dan IPB sepakat untuk menjalin kerjasama. Selanjutnya, rombongan IPB diantar berkeliling untuk melihat fasilitas laboratorium pendidikan di sana.

   

Pada hari kedua (Selasa, 30 Oktober 2018), rombongan melanjutkan kunjungan ke School of Food Science and Technology, Universiti Malaysia Terengganu. Rombongan diterima oleh Dekan School of Food Science and Technology (Prof. Madya Dr. Amiza Mat Amin) dan dosen-dosen School of Food Science and Technology. Setelah perkenalan dari setiap dosen yang hadir, Prof. Madya Dr. Amiza Mat Amin memperkenalkan tentang School of Food Science and Technology, Prof Ujang Sumarwan memperkenalkan FEMA IPB, dan Dr. Ir. Sri Anna Marliyati, MS memperkenalkan tentang Departemen Gizi Masyarakat. Selanjutnya, diskusi mengenai bentuk kerjasama yang akan dilakukan. School of Food Science and Technology tertarik untuk mengirimkan mahasiswanya mengikuti KKNT sebagai elective course. Sebelumnya, pada bulan September, empat mahasiswa UMT telah mengikuti Summer Course yang diselenggarakan oleh Departemen Gizi Masyarakat. Bentuk kerjasama lain seperti guest lecture dan joint research juga didiskusikan. Hasilnya, pihak UMT dan IPB sepakat untuk menjalin kerjasama. Pertemuan ditutup dengan tour keliling kampus untuk melihat fasilitas laboratorium pendidikan.

   

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*