Kolokium Siswazah Fakulti Sains Kesihatan 2016, Universitas Kebangsaan Malaysia

Kolokium Siswazah UKM (4) Kolokium Siswazah UKM (3) Kolokium Siswazah UKM (2)

Kolokium Siswazah Fakulti Sains Kesihatan 2016 merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh Universitas Kebangsaan Malaysia sebagai sarana bagi mahasiswa untuk memaparkan hasil penelitiannya. Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu Nurturing Excellence in Health Science Research and Publication”. Kegiatan Kolokium Siswazah tahun ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Fakulti Sains Kesihatan saja, namun juga dihadiri oleh mahasiswa Indonesia yang berasal dari Institut Pertanian Bogor yang mendapatkan undangan untuk memaparkan hasil penelitiannya. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 2 hari dimulai dari tanggal 2 Agustus hingga 3 Agustus 2016.

            Institut Pertanian Bogor mendelegasikan 10 mahasiswa terbaiknya untuk mewakili kampus dalam kegiatan tersebut. Sepuluh mahasiswa tersebut diantaranya I Putu Agus, Sheila Pramadania, Aulia Ratnadianti, Ririn Apriani, Levita Sari, Fajria Saliha, Dini Kurniangsih, Ika Puspa, Reisya Rizki, dan Maryam Nabila. Mereka merupakan mahasiswa aktif Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Perjalanan para delegasi menuju ke Malaysia ditemani oleh seorang dosen bernama Anna Vipta Mauludiyani

            Seluruh mahasiswa delegasi Institut Pertanian Bogor tersebut terbagi kedalam tiga kategori penelitian, yaitu penelitian berbasis klinis, penelitian berbasis laboratorium, dan penelitian berbasis komunitas. Mahasiswa tersebut diberikan waktu selama 10 menit, yang terdiri dari 7 menit untuk melakukan presentasi depan para juri dan mahasiswa lainnya kemudian 3 menit merupakan sesi tanya jawab. Kegiatan presentasi ini dilakukan selama 2 hari penuh sesuai dengan kategori penelitian.

            Hari Rabu tepatnya tanggal 3 Agustus 2016 selain adanya kegiatan presentasi, pada hari itu juga dilakukan penutupan kegiatan sekaligus pengumuman penelitian terbaik untuk setiap kategori. Salah satu delegasi Institut Pertanian Bogor bernama Aulia Ratnadianti memperoleh 1st Place 7 minutes Oral Presentation Clinical Based dengan judul penelitian Formulasi, Kandungan Gizi, dan Daya Terima Cookies Ganyong Galohgor untuk Penderita Diabetes Melitus.

            Pada malam harinya, para delegasi Insititut Pertanian Bogor tersebut mendapat undangan makan malam bersama dari Prof. Dr. Ruzita Abd Talib sebagai salah satu bentuk jamuan guna mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin. Keesokan harinya para delegasi mendapat kesempatan untuk berkeliling ke berbagai tempat wisata yang ada di Malaysia, seperti Tugu Negara, Botanical Garden, Merdeka Square, Petronas, dan Chinatown. Pada hari yang sama para delegasi mendapatkan undangan untuk berkunjung ke salah satu universitas swasta yang ada di Shah Alam, yaitu Management & Science University.

            Pada kesempatan tersebut para delegasi diajak berkeliling universitas terutama Faculty of Health and Life Science. Pada kunjungan tersebut para delegasi diajak berkeliling melihat sarana dan prasarana yang disediakan oleh universitas untuk para mahasiswanya, seperti ruang kuliah dan berbagai laboratorium. Kegiatan yang dilakukan oleh para delegasi selama di Malaysia memberikan manfaat besar karena banyak pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*