Kegiatan Seminar Sarapan Sehat Kepada Guru PAUD dan TK dan Pendidikan Sarapan Sehat kepada Murid, Guru SD dan Mahasiswa

 

Kegiatan Seminar Sarapan Sehat kepada Guru PAUD dan TK SeKota Bogor dan Pendidikan Sarapan Sehat kepada Murid dan Guru Sekolah Dasar (SD) SeKota Bogor dilaksanakan di delapan (8) SD terpilih yang tersebar di dua (2) Kecamatan yaitu Kecamatan Tanah Sareal dan Kecamatan Bogor Barat dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) dan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan sarapan sehat dan jajanan aman kepada Guru PAUD dan TK, kepada Murid dan Guru SD SeKota Bogor yang diharapkan dapat menyampaikan kepada murid PAUD dan TK serta orang tua murid untuk menerapkan perilaku gizi seimbang dengan baik, yang salah satunya adalah membiasakan sarapan sehat. Kegiatan diselenggarakan pada hari Jumat, 12 Februari 2016 di Ruang Rapat 1, Balaikota Bogor, Kota Bogor dan hari Sabtu, 13 Februari 2016 di 8 SD terpilih yang merupakan kerjasama antara Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA, IPB, Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (HIMAGIZI) dan Energen PT Mayora Indah Tbk. Sehari sebelum pelaksanaan kegiatan, sejumlah 100 mahasiswa calon fasilitator terlebih dahulu disosialisasikan dan dilatih oleh panitia pusat di Auditorium GMSK, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA, IPB tentang sarapan sehat, jajanan yang aman dan pentingnya cuci tangan dengan sabun.

Peserta kegiatan seminar sejumlah 325 orang yang terdiri dari guru PAUD dan TK SeKota Bogor, serta Pengawas dan Penilik Dinas Pendidikan Kota Bogor. Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor dan dibuka oleh Perwakilan Pemerintah Kota Bogor. Materi yang disampaikan pada seminar ini adalah tentang 1) Makna dan manfaat sarapan sehat bagi ibu dan anak oleh Dr. Diah K Pranadji, MS dan 2) Berbagai alternatif sarapan sehat oleh Prof. Dr. Hardinsyah, MS. Cakram “Pantau Berat Badan dan Tinggi Badan Anak usia 3-5 laki-laki dan perempuan” dan Komik “Ayo Sarapan Sehat!” diperkenalkan dan dibagikan kepada guru PAUD dan TK, dan Dinas Pendidikan Kota Bogor oleh Prof. Dr. Hardinsyah, MS sebagai Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia.

Pelaksanaan pendidikan berlangsung di setiap kelas dan ruang guru di setiap SD terpilih dengan total sasaran sebanyak 2700 murid SD dan 150 guru SD. Kegiatan dimulai dengan perkenalan fasilitator di dalam kelas, yang selanjutnya dilakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Setiap murid dibagikan sebuah komik “Ayo Sarapan Sehat!” dan 1 cup produk energen yang diseduh. Murid diminta untuk membaca komik yang selanjutnya dipilih 3 sampai 5 murid untuk Story Telling atau menceritakan kembali isi komik di depan kelas. Murid yang dapat menceritakan isi komik dengan baik mendapatkan hadiah atau reward. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan oleh fasilitator tentang sarapan sehat dan jajanan aman. Jargon dan Slogan Gizi Seimbang dan Sarapan Sehat juga diperkenalkan kepada murid sebagai upaya menciptakan suasana yang ceria di dalam kelas.

Diskusi dengan guru dilaksanakan di ruang guru oleh dosen atau mahasiswa senior yang dilakukan bersamaan dengan peyuluhan di kelas. Materi yang didiskusikan tentang sarapan sehat dan jajanan aman, yang juga dibagikan : 1) Komik “Ayo Sarapan Sehat!”, 2) Cakram Pantau Status Gizi Dewasa (IMT), dan 3) Cakram “Pantau Berat Badan dan Tinggi Badan anak usia 6-12 tahun laki-laki dan perempuan”.

energen5 energen4 energen3 energen2 energen1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • *