Ingin Jadi Konsultan Gizi Terbaik, Mahasiswa IPB Raih Juara di Ajang N2O 2018

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Ni Ketut Susila Dharma Asih berhasil menyabet Juara 3 di Ajang National Nutrition Olympiad (N2O). Perlombaan ini merupakan rangkaian acara Sci-Fi Neutron 2018 dari Departemen Pendidikan Profesi Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI). Ajang bergengsi ini diadakan pada tanggal 9-11 Maret 2018, dengan tahap seleksi dilakukan sejak bulan November 2017. Pada tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Sila berhasil melewati serangkaian proses seleksi dan keluar sebagai pemenang. “National Nutrition Olympiad merupakan kegiatan olimpiade dalam bidang gizi. Pada perlombaan ini peserta ditantanguntuk menjawab soal-soal di bidang gizi, debat jurnal gizi, menyusun Nutrition Care Process (NCP) berdasarkan suatu kasus, dan melakukan praktik konseling gizi,” ungkap Sila.

Pada seleksi penyusunan NCP, Sila diberikan suatu kasus tentang penyakit hipertensi dengan dislipidemia. Sila kemudian merancang asesmen gizi, diagnosis gizi, rencana diet untuk pasien yaitu menu makan, jumlah asupan energi atau zat gizi, dan rencana monitoring evaluasi serta konseling gizi.

“Saya sangat bersyukur dan senang atas hasil yang saya peroleh. Saya akan selalu belajar dan berkembang, agar bisa menjadi salah satu ahli dan konsultan gizi terbaik di Indonesia,” katanya. Sila berharap agar masyarakat Indonesia mulai memperhatikan aspek gizi dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. (NIRS/ris)

sumber : ipb.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*