HIMAGIZI

himagizi

Profil Singkat HIMAGIZI

 

Sejarah HIMAGIZI

 

Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (Himagizi) merupakan salah satu himpunan profesi yang ada di Institut Pertanian Bogor dan merupakan wadah bagi mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia untuk mengasah softskill berorganisasi dan melakukan kegiatan di luar kegiatan akademik. Himagizi berdiri pada tanggal 7 Maret 2007.

Himagizi terdiri dari 6 divisi, yaitu divisi keprofesian, divisi hubungan masyarakat, divisi peduli pangan dan gizi, divisi pengembangan sumber daya mahasiswa, divisi informasi dan komunikasi, dan divisi kewirausahaan. Masing-masing divisi memiliki program yang berjalan selama satu tahun kepengurusan. Program Himagizi umumnya tidak hanya dikhususkan bagi pengurus, namun juga untuk seluruh anggota Himagizi, yaitu mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat.

 

 

VISI DAN MISI

 

                                                                  Visi                                                    

HIMAGIZI sebagai organisasi mahasiswa yang mewadahi minat dan kompetensi mahasiswa Departemen Gizi Masyarakat IPB dalam pengembangan  Ilmu Gizi Manusia (Human Nutrition) dan aplikasinya pada perorangan, keluarga, dan masyarakat (Community Nutrition) yang mengaitkan ilmu gizi dengan pertanian, pangan, kesehatan, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

 

                                                                  Misi

  1. Wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan profesionalismenya di bidang ilmu gizi sebagai salah satu ujung tombak pembangunan nasional.
  2. Penampung dan penyalur aspirasi mahasiswa IPB dalam meningkatkan wawasan di bidang ilmu gizi yang terkait dengan pertanian, pangan, dan kesehatan dengan cara berinteraksi dan berkomunikasi serta menjalin kerja sama antar mahasiswa di tingkat institusi maupun nasional.
  3. Pemberi informasi kepada berbagai pihak mengenai pentingnya peranan gizi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
  4. Penjalin hubungan kerja sama di bidang ilmu gizi yang terkait dengan pertanian, pangan, dan kesehatan dengan pihak-pihak yang terkait.

 

Rencana dan Target HIMAGIZI 2013

Adapun rencana dalam satu tahun kepengurusan HIMAGIZI adalah :

  1. Menggizikan IPB (membuat IPB familiar terhadap gizi)
  2. Membuat suatu media korespondensi (kotak surat)
  3. Membuat suatu kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa IPB khususnya
  4. Membuat pesan gizi baik di media sosial maupun media kampus

 

Adapun targetan dalam satu tahun kepengurusan HIMAGIZI adalah :

  1. Dalam 6 bulan kepengurusan dapat membuat pesan gizi baik di Media social maupun media kampus
  2. Dalam 6 bulan dapat membuat mahasiswa dan mahasiswi IPB familiar tentang gizi (penyebaran buletin)
  3. Dalam satu tahun kepengurusan membuat kegiatan yang mengikutsertakan mahasiswa dan mahasiswi IPB

 

 

Pembagian Tugas dan Wewenang

 

a. Divisi Badan Pelaksana Harian

Divisi ini memiliki tugas sebagai perencana program kegiatan dan pengatur urusan dari dalam dan ke luar HIMAGIZI yang berkaitan dengan HIMAGIZI. BPH yang terdiri dari ketua dan wakil ketua yang bertugas dalam koordinasi dan sebagai tali penyambung koordinasi dari divisi ke dalam dan luar HIMAGIZI, sekretaris bertugas sebagai penanggung jawab dan pengatur urusan administrasi daa korespondensi, serta bendahara yang bertugas dalam mengatur keuangan HIMAGIZI. Wewenang ketua dan wakil ketua adalah memutuskan suatu keputusan dan kebijakan untuk kemajuan HIMAGIZI, sekretaris berwewenang dalam urusan administrasi sedangkan bendahara di bagian keuangan.

 

b. Divisi Keprofesian

Divisi ini memiliki tugas sebagai perencana kegiatan HIMAGIZI dibidang keprofesian gizi yang berkaitan dengan keterampilan dan keahlian dibidang gizi. Wewenang dari divisi ini adalah menentukan program-program keprofesian yang dapat memberikan gambaran lulusan gizi kedepannya.

 

c. Divisi Hubungan Masyarakat

Divisi ini bertugas dalam kemitraan ke luar dan dalam HIMAGIZI dan juga menentukan kegiatan yang dapat membangun kemitran dari luar dan dalam ke HIMAGIZI. Wewenang dari divisi ini adalah menentukan program-program karier atau masa depan dan kemitraan para lulusan gizi khususnya kepada adik tingkat di Departeman Gizi Masyarakat.

 

d. Divisi Kewirausahaan

Tugas dan wewenang dari divisi ini adalah menghasilkan suatu wujud wirausaha gizi yang dapat memberikan suatu kontribusi terhadap finansial HIMAGIZI dan membuat suatu kegiatan bazaar yang menampilkan penerapan pangan dan gizi.

 

e.  Divisi Informasi dan Komunikasi

Tugas dan wewenang dari divisi ini adalah menyebarluaskan informasi mengenai gizi baik dari segi kegiatan HIMAGIZI maupun hal-hal yang berkaitan dengan pangan serta gizi kepada civitas IPB baik melalui mading, buletin, atau media sosial.

 

f. Divisi Peduli Pangan dan Gizi

Tugas dan wewenang divisi ini adalah membuat suatu kegiatan bina desa yang menerapkan peduli pangan dan gizi pada desa binaan tersebut dengan mengadakan penyuluhan dan aksi nyata. Biasanya kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan kepengurusan sebelumnya karena dirasakan waktu satu tahun tidak cukup untuk membina suatu desa agar mencapai tujuan yaitu menjadikan desa yang peduli akan pangan dan gizi.

 

g. Divisi Pengembangan Sumberdaya dan Mahasiswa

Divisi ini memiliki tugas dan wewenang dalam mengurus dan bertanggungjawab terhadap internal HIMAGIZI dan membuat suatu kegiatan yang dapat mengeratkan tali silaturrahmi dan mengakrabkan antar civitas gizi masyarakat.