FGD “Menggali Berbagai Pemikiran Cemerlang IPB”

Dewan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (DGB IPB) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Menggali Berbagai Pemikiran Cemerlang IPB”, Selasa (14/4) di Kampus IPB Gunung Gede Bogor. Kegiatan ini bertujuan mengiventarisir dan mengkaji berbagai pemikiran dan inovasi yang telah dihasilkan dan tengah diperjuangkan IPB sejak tahun 1963 sampai dengan 2015 sebagai solusi bagi permasalahan bangsa, khususnya dalam bidang pengembangan pendidikan tinggi, pembangunan pertanian dan pedesaan.
IPB sejak awal sudah, sedang dan akan terus berikhtiar dan berkontribusi secara konkret dan layak tentang pentingnya rekoneksi pertanian dan pedesaan dalam kerangka umum pembangunan, terutama menyangkut ideologi dan keberpihakannya kepada kaum petani dan nelayan yang mayoritas lemah. Termasuk dalam hal ini mengembangkan ilmu dan teknologi tepat guna yang bisa dikerjakan secara bersama dengan praktisi pembangunan pedesaan dan subjek pembangunan masyarakat.
Ketua DGB IPB, Prof.Dr Roedhy Poerwanto menyatakan, “IPB selama ini melangkah dengan berbagai pemikiran cemerlang dan capaian-capaiannya, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan bangsa dan turut serta dalam penyelesaian persoalan bangsa, khususnya bidang pertanian dalam arti luas”.
FGD ini menghadirkan Rektor IPB, Prof.Dr Herry Suhardiyanto, dengan makalah berjudul “Kiprah dan Capaian IPB dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi”. Dikatakan, kiprah dan capaian IPB pada masa lalu perlu terus dikaji dan dijadikan landasan bagi kemajuan IPB pada masa kini dan masa yang akan datang.
Sedangkan Wakil Rektor IPB Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis, Prof.Dr Hermanto Siregar memaparkan makalah “Kiprah dan Capaian IPB dalam Pembangunan Pertanian dan Pedesaan”. Menurutnya, yang paling menentukan keberhasilan bangsa ini adalah membangun sistem  produksi nasional yang tangguh dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan terhadap sumberdaya serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).Acara yang menghadirkan puluhan Guru Besar IPB ini digelar dalam rangka penyusunan naskah akademik “Menggali Keunggulan dan Budaya Akademik IPB: Refleksi Menyambut 70 Tahun Indonesia Merdeka”. (Awl)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*