FGD: Evaluasi Kebijakan dan Program Lansia di Kabupaten/Kota Banyuwangi

Focus Group Discussion (FGD) tentang Evaluasi Kebijakan dan Program Lanjut Usia di Kabupaten/Kota Banyuwangi dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Lansia dilaksanakan di Ruang Mas Alit Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuwangi pada Kamis (27/06/2019) dengan Narasumber dari Dinas Kesahatan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kerja sama antara Direktorat Jenderal  Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan FEMA Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan oleh Departemen Gizi Masyarakat IPB.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan bebagai pihak yaitu dari Komda Lansia Jatim, Dinkes Prov. Jatim, Bappeda, Dinas Sosial Prov. Jatim, DPRD, Kominfo, Dinas Koperasi, DPPKB, DPMD, Kemenag, Komda Lansia, Kabid Kesmas Kabupaten Banyuwangi.

Menurut perwakilan dari Dinkes Provinsi Jatim, ada 3 Puskesmas Pemberdayaan Lansia, sejak 2018 (Kalibaru Kulon, Sobo, Bajulmati) dan Pemberdayaan posbindu untuk lansia SMART (sehat, mandiri, aktif, berdaya guna). Program Lansia: pelayanan kesehatan santun lansia; posyandu lansia; peningkatan kualitas hidup mandiri; perlambatan proses degeneratif; meningkatkan peran lansia dalam kesehatan keluarga dan masyarakat.

Kegiatan ini meliputi pencarian informasi tentang program lansia yang ada di berbagai instansi terkait. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia untuk mencapai lanjut usia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat melalui peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi lansia.

Dihadiri oleh Fasilitator dari Departemen Gizi Masyarakat IPB Dr. Ir. Yayuk Farida Baliwati, MS dan Pengamat Reisi Nurdiani, SP., M.Si.  dan Vieta Annisa Nurhidayati, SGz, MSc sebagai notulis serta perangkat daerah terkait di Pemkab Bogor.

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply