FGD: Evaluasi Kebijakan dan Program Lansia di Kabupaten Wajo

FGD: Evaluasi Kebijakan dan Program Lansia di Kabupaten Wajo

Focus Group Discussion (FGD) tentang Evaluasi Kebijakan dan Program Lanjut Usia di Kota/ Kabupaten dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Lansia di Kabupaten Bogor dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo pada Senin (29/07/2019) dengan Narasumber dari Kabid Kesmas Provinsi Sulawesi Selatan dan Komda Lansia Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan bebagai pihak yaitu dari Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DPRD Wajo Komisi 4 Pembinaan Kesehatan Rakyat dan Kesehatan, Dinas PMD, Dinas Sosial Kasie Rehabilitasi Sosial Bappeda, Kabid Pemerintah dan Sosial Budaya, Kementerian Agama, Ka Sub TU, Dinas Pengendalian Penduduk Bagian Ketahanan Keluarga Sejahtara, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Kesehatan Bagian Kesling, Dinas Kesehatan Kasie Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabid Kesmas

Tahun 2018 UHH Indonesia 71,2 tahun, Sulsel 70,08 tahun.  AKI dan stunting di Sulawesi Selatan sudah sangat baik, terutama Kab. Wajo. Semakin baiknya pelayanan kesehatan, semakin tinggi umur harapan hidup, maka persentase populasi lansia semakin bertambah. Proyeksi populasi lansia mencapai 15.77% di tahun 2035 dengan UHH 72.4 tahun UHH Wajo tahun 2017 pada 66.52, sedangkan pada tahun 2018 pada 66.72. Masalah kesehatan lansia masih banyak berada PTM seperti hipertensi, stroke, DM, dan gangguan mental emosional.

Payung hukum kegiatan lansia mencakup UU, Permenkes, dan SPM bidang kesehatan pada butir Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut, targetnya adalah 100% lansia mendapat pelayanan kesehatan sesuai standar minimal 1 kali dalam 1 tahun

Lingkup pelayanan sesuai standar termasuk edukasi PHBS dan skrining resiko PTM dan PM

Strategi peaksanaan SPM lansia: Memperkuat dasar hokum, Meningkatkan jumlah dan kualitas fasyankes, Membangun dan mengembangkan jejaring kemitraan, Meningkatkan ketersediaan data dan informasi, Meningkatkan peran dan pemberdayaan keluarga dan masyarakat, Meningkatkan peran lansia, Sudah ada Pergub pembentukkan Komda Lansia.

Program kesehatan lansia Sulsel: Puskesmas menyelenggarakan pelayanan santun lansia Poliklinik geriatri di rumah sakit, Posyandu lansia, Pengembangan peran lansia, Home care dan long term care, Penyuluhan dan penyebaran informasi kesehatan lansia, Peningkatan kerjasama dengan LS, lintas program, swasta, Jumlah puskesmas santun lansia di Sulsel pada 2018 299 dari 458, sementara di Wajo ada 19. Posyandu lansia di Sulsel ada 4420, di Wajo ada 311 posyandu lansia Puskesmas yang melakukan home care ada 23 dengan 21966 lansia yang  dilayani. Fasilitator pada FGD tersebut adalah Reisi Nurdiani, SP, M.Si dan Pengamat Prof. Dr. drh. Clara Meliyanti Kusharto, M.Sc dari Departemen Gizi Masyarakat IPB.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply