FGD: Evaluasi Kebijakan dan Program Lansia di Kabupaten Wajo (Tingkat Kecamatan)

Focus Group Discussion (FGD) tentang Evaluasi Kebijakan dan Program Lanjut Usia di Kota/ Kabupaten (Tingkat Kecamatan) dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Lansia di Kabupaten Wajo dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo pada Senin (30/07/2019) dengan Narasumber dari Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Wajo. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Kementerian Kesehatan dan Fakultas Ekologi Manusia (Departemen Gizi Masyarakat).

Paparan dari Kabid Kesmas Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa populasi lansia dan usia harapan hidup sudah semakin meningkat menjadi 14.49% (1 banding 7) dan 66.79 tahun pada tahun 2018. Selai8n itu ada program 5 buku akan dibagikan kepada lansia untuk diedukasikan kepada keluarga. Mengingat besarnya peran lansia dalam pengambilan keputusan keluarga. peningkatan kualitas pelayanan kesehatan lansia sehat melaui germas.

Kebijakan pelayanan kesehatan lansia untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia untuk membuat lansia SMART. Selain itu pemberian PMT ada yang bentuknya penyuluhan dan intervensi, penyuluhan hanya diberikan saran jenis-jenis PMT yang sesuai untuk lansia. Sudah ada forum CSR yang berpotensi untuk mendanai kegiatan pelatihan kesehatan. Ada inisiasi lomba cipta menu menggunakan produk produk pangan khas daerah seperti tepung pupa dan daun kelor.

 Pada kegiatan FGD ini selaku Fasilitator Reisi Nurdiani, SP, M.Si  dan Pengamat Prof. Dr. drh. Clara Meliyanti Kusharto, M.Sc serta notulis Vieta Annisa Nurhidayati, S.Gz, M.Sc dari Departemen Gizi Masyarakat IPB.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply