FGD: Evaluasi Kebijakan dan Program Lansia di Kabupaten Bogor

Focus Group Discussion (FGD) tentang Evaluasi Kebijakan dan Program Lanjut Usia di Kota/ Kabupaten dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Lansia di Kabupaten Bogor dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor pada Kamis (23/05/2019) dengan Narasumber dari Bappeda/Komda Jabar.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kerja sama antara Direktorat Jenderal  Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan FEMA Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan oleh Departemen Gizi Masyarakat IPB.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan bebagai pihak yaitu dari Bappeda, Komda Jabar, Kominfo, Dinas UKM dan Koperasi, DPMD, TP2KB, Dinkes Kabupaten Bogor

Kegiatan ini meliputi pencarian informasi tentang ada/tidaknya Posyandu Lansia, jenis kegiatan yang dilakukan/inovasi pemberdayaan usia lanjut, manfaat, kendala, ada/tidaknya kebijakan dan anggaran yang mendukung Posyandu Lansia.”

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia untuk mencapai lanjut usia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat melalui peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi lansia.

Kabupaten Bogor telah memberikan perhatian khusus untuk para lansia dengan penganggaran Jaminan Kesehatan Nasional untuk para lansia setiap tahunnya. Anggaran tersebut selama 5 tahun terakhir sudah mencapai di atas 5 milyar rupiah, di luar dana Jamkesmas dan berprean sebagai buffer bagi penduduk miskin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Fasilitator dari Departemen Gizi Masyarakat IPB Prof. Dr.  drh Clara Meliyanti Kusharto MSc, dan Pengamat Reisi Nurdiani SP., MSi dan Purnawati Hustina Rachman, S.Gz., M.Gizi sebagai notulis serta perangkat daerah terkait di Pemkab Bogor.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply