Internship Manajemen Makanan
Internship Manajemen Makanan
Internship Manajemen Makanan
Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) bidang manajemen sistem pelayanan makanan (foodservice) merupakan salah satu kegiatan PKL yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 Program Ilmu Gizi sebagai salah satu upaya pemenuhan kompetensinya. Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap antara lain :
- Persiapan dan Pembekalan
- Penjajagan lokasi PKL yang dilakukan oleh Panitia Praktek Kerja Lapang (PKL) bidang manajemen sistem pelayanan makanan (foodservice).
- Pembekalan yang dilakukan selama 1 minggu yang terdiri dari Ujian Awal dan akhir pembekalan serta pemberian materi. Pembekalan ini bersifat wajib untuk seluruh mahasiswa yang akan melakukan PKL.
- Kegiatan PKL
- Pelaksanaan PKL di lokasi-lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia PKL. Pelaksanaan PKL dilakukan selama 2 minggu.
- A. Persiapan dan Pembekalan
Kegiatan persiapan PKL terdiri dari penjajagan dan survey lokasi PKL serta pengalokasian mahasiswa sesuai dengan waktu dan lokasi PKL.
Kuliah pembekalan bertujuan untuk memantapkan dan memberikan materi tambahan yang terkait langsung dengan pelaksanaan PKL. Adapun materi pembekalan yang akan diberikan antara lain :
- Perundang-undangan dan peraturan yang terkait penyelenggaraan makanan di institusi
- Penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit
- Penyelenggaraan makanan di Usaha Jasaboga
- Penerapan HACCP dalam penyelenggaraan makanan
- Pengembangan teknologi pangan dalam institusi penyelenggaraan makanan
- B. Kegiatan PKL
Praktek Kerja Lapang (PKL) ini memiliki bobot 2 (0-2) SKS yang setara dengan 96 jam atau praktek selama 2 minggu. Rotasi, tempat dan alokasi waktu pembelajaran dikelompokkan sebagai berikut (Tabel 1) :
Tabel 1. Rincian Uraian Kegiatan PKL
No |
Uraian Kegiatan |
Waktu |
1 |
Orientasi manajemen penyelenggaraan dan pengawasan mutu makanan dalam pelayanan makanan (menganalisis karakteristik, fungsi dan organisasi, ketenagaan, pendidikan dan fungsi masing-masing kelompok ketenagaan) | Hari ke 1 |
2 |
Mempelajari perencanaan menu dan perencanaan anggaran (standar menu dan standar resep) | Hari ke 2 |
3 |
Menyusun rancangan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) | Hari ke 3-4 |
4 |
Mempelajari sistem pengadaan bahan pangan
|
Hari ke 5-7 |
5 |
Mempelajari sistem produksi :
|
Hari ke 6-8 |
6 |
Mempelajari sistem distribusi dan penyajian makanan | Hari ke 5-7 |
7 |
Melakukan evaluasi daya terima konsumen | Hari ke 8 |
8 |
Mempelajari penerapan GMP, SOP dan SSOP | Hari ke 9 |
9 |
Mempelajari manajemen sumberdaya manusia (tenaga kerja)
|
Hari ke 10-11 |
10 |
Presentasi hasil PKL dan penyelesaian laporan | Hari ke-12 |