Senin, 30 November 2015, Departemen Gizi Masyarakat, FEMA, IPB mendapat kunjungan dari Ministry of Public Health dan Institute of Child Nutrition Korea. Sejumlah lima orang hadir didampingi oleh perwakilan dari Direktorat Bina Gizi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Mereka ingin belajar dan mengetahui sistem pendidikan gizi di Indonesia. Sebagai salah satu Program Studi yang terakreditasi A dan yang sudah mendapatkan sertifikasi dari AUN, Departemen Gizi Masyarakat IPB mampu merepresentasikan dan menjadi soko guru pendidikan gizi di Indonesia.

Ketua Departemen Gizi Masyarakat, Dr Rimbawan, menyambut hangat para tamu tersebut. Beliau juga mempresentasikan tentang Profil Departemen Gizi Masyarakat yang diantaranya terdiri dari tenaga pengajar, kegiatan dosen, kegiatan mahasiswa, kurikulum, penelitian, dll. Kedua belah pihak saling bertukar informasi mengenai kondisi pendidikan gizi di negara masing-masing. Selain itu juga berbagi mengenai kondisi gizi masyarakat di negara masing-masing.Dalam pertemuan tersebut juga hadir Prof Hardinsyah selaku Ketua Umum Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) yang juga merupakan staff pengajar di Departemen Gizi Masyarakat. Beliau menyampaikan terkait dengan standar nasional kurikulum gizi di Indonesia.

Pada kesempatan pertemuan kali ini juga dilakukan penjajakan dan kemungkinan untuk kerjasama antar Institusi. Selepas sesi sharing dan diskusi, tamu tersebut diajak untuk berkeliling melihat fasilitas dan laboratorium yang dimiliki Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB. Tak lupa pula tamu dari korea tersebut di jamu makanan dan buah lokal Indonesia yang salah satunya adalah salak. Mereka cukup tertarik dengan buah tersebut karena baru pertama kali mengonsumsinya. Diakhir acara disampaikan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua Departemen kepada seluruh tamu yang hadir dan dilanjutkan dengan foto bersama. Semoga pertemuan ini bisa menjadi langkah awal bagi Departemen Gizi Masyarakat IPB untuk menjalin kerjasama luar negeri dan salah satu langkah untuk menjadi Program Studi bertaraf Internasional. (TJP)

Kunjungan Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • *